Pengetian Sepak Bola 

Sepak bola merupakan sebuah ajang olahraga yang dimainkan secara tim. Dimana 2 tim saling berlawanan berlomba untuk mencetak gol sebanyak banyaknya di bandingkan dengan tim lawan. Setiap tim di dalam sepak bola memiliki 11 orang pemain, dimana 1 pemain nya bertugas sebagai kiper.

Permainan sepak bola ini menggunakan sebuah bola karet yang di lapisi oleh kulit di bagian luarnya. Dimana setiap pemain hanya boleh menggunakan kakinya untuk menggiring bola menuju gawang lawan untuk mencetak gol. Para pemain tidak boleh menggunakan tangan mereka dan bola tidak boleh tersentuh tangan para pemain kecuali kiper. 

Hanya kiper saja yang boleh menggunakan tangannya untuk menangkap bola. Karena tugas kiper adalah untuk menahan bola agar lawan tidak berhasil mencetak angka gol. Sehingga tidak ada bola yang berhasil masuk ke dalam gawang.

Aturan Aturan Khusus Dalam Pertandingan Sepak Bola

Di dalam pertandingan sepak bola tentu saja ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh setiap pemain. Berikut ini aturan aturan umum dalam permainan sepak bola:

  • Pemain

Karena pertandingan sepak bola dimainkan oleh sebuah tim, maka ada aturan jumlah pemain yang harus ditaati. Dimana setiap tim terdiri dari 11 orang dimana masing masing memiliki tugasnya sendiri. Dimana ada yang bertugas sebagai penyerang (striker atau forward), lalu ada yang bertugas sebagai pemain bertahan (back), ada juga yang bertugas sebagai pemain tengah (midfielder) dan yang terakhir bertugas sebagai penjaga gawang (goal keeper).

Di dalam tim harus memiliki 1 kapten yang bertugas untuk memimpin setiap timnya agar timnya bisa bertanding dengan baik. Dan seorang kapten harus menggunakan ban kapten sebagai identitas atau penanda jika ia adalah pemimpin yang akan bertanggung jawab dengan timnya.

Para pemain juga wajib menggunakan seragam mereka atau yang biasa disebut dengan jersey, sebagai penanda antara kawan dan lawan. Lalu harus menggunakan celana pendek, kaus kaki, pelindung tulang kering dan juga sepatu. 

  • Lapangan 

Tentu saja di setiap pertandingan sepak bola harus di lakukan di lapangan sepak bola, dimana luas lapangan juga ditentukan sesuai standar yang berlaku.

Ukuran lapangan harus, panjang berkisar 100 – 120 meter dan lebar berkisar 65 – 75 meter. Di dalam lapangan juga harus terdapat area gawang dimana gawang harus berukuran lebar 7, 32 meter dan tingginya sekitar 2,44 meter.

  • Bola

Dalam pertandingan sepak bola resmi, penggunaan bola juga harus sesuai dengan standar yang berlaku. Dimana bola yang digunakan harus terbuat dari kulit dengan dimensi dan berat yang telah ditentukan oleh standar yang berlaku.

  • Lama pertandingan

Dalam pertandingan sepak bola, durasi permainan pun ditentukan berapa lama. Dimana dalam 1 kali pertandingan terdapat 2 babak. Di setiap babak permainan memiliki durasi waktu selama 45 menit, dan memiliki waktu istirahat di setiap babak selama 15 menit.

Apabila pertandingan berlangsung seri, maka akan terdapat perpanjangan waktu kembali selama 2 X 15 menit. Apabila di perpanjangan waktu tersebut permainan tetap seri. Maka selanjutnya akan dilakukan tendangan penalti.

  • Wasit

Setiap pertandingan sepak bola membutuhkan wasit yang bertugas untuk memimpin dan mengatur jalannya pertandingan. Dan biasanya wasit akan dibantu dengan 2 hakim garis yang membantu untuk memantau pergerakan bola yang keluar dari garis lapangan.